Rabu, 02 Maret 2016

Ciri Ciri Budaya Sunda

Berikut ini ciri ciri budaya Sunda apabila dilihat dari tanda khusus yang ada dalam kehidupan masyarakat Sunda pada umumnya, dan beberapa kesenian daerah, keseharian, serta hal lain yang mungkin berpengaruh pada cara berpakaian dan berbicara orang Sunda. Budaya Sunda adalah kebudayaan yang berkembang dan hidup dalam setiap kehidupan masyarakat Sunda.
Sebenarnya budaya Sunda tidak memiliki perbedaan yang mencolok kalau dibandingkan budaya dari daerah lain, terutama budaya Jawa. Hal ini dapat dilihat dari terian adat, musik, bahasa daerah, serta hal lain yang memiliki banyak kemiripan.
Ciri Ciri Budaya Sunda
Seperti halnya budaya Yogyakarta, di Sunda, Jawa Barat juga memiliki budaya karawitan. Yakni permainan musik tradisional yang meliputi lagu lagu daerah, musik kliningan, Cianjuran dan Tembang sunda, Angklung, Rampak gendang, Seni Wayang, Upacara Pesta Laut, tari-tarian daerah, dan juga Upacaran Adat Sunda yang mempunyai kegunaan sebagai upacara spiritual.
Sedangkan untuk masyarakat Sunda sendiri memiliki ciri khas yang menjunjung sopan santun yang tinggi dalam setiap tutur kata, persaudaraan yang kuat, bagi yang sedang memerlukan bantuan maka mereka tidak segan-segan untuk menolong sesama, berketerampilan tinggi, dan saling mengasihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar